Senin, 20 Februari 2012

pemeliharaan komputer


PEMELIHARAAN KOMPUTER

Komputer bisa dianggap sebagai sebuah investasi. Karenanya pemeliharaan komputer harus dianggap juga sebagai pemeliharaan investasi. Tujuan utama prmrliharaan suatu investasi adalah supaya investasi itu mampu menghasilkan return atau revenue selama umur ekonomis-nya. Umur ekonomis adalah suatu rentang waktu sampai sebuah benda investasi dinyatakan berharga nol karena penyusutan yang dialaminya setiap satuan waktu. Tujuan kedua adalah agar setelah umur ekonomis dicapai selama sisa waktu dalam umur teknisnya, investasi masih mampu menghasilkan revenue meski tidak semaksimal hasil yang dicapai dalam usia ekonomisnya.

Alat dan Metode Pemeliharaan Komputer
Peralatan untuk pemeliharaan komputer dibagi menjadi dua bagian utama hardware dam software.
1.   Hardware pemeliharaan digunakan untuk memelihara komputer. Biasanya yang diperlukan adalah dua lembar kain flannel kering, sikat gigi bekas yang bersih, lebih kurang 100 cc. Air sabun lunak, sebuah minifan (kipas angin kecil) atau mini dust cleaner (pembersih debu kecil), serta satu set obeng.
2.   Software pemeliharaan digunakan untuk memelihara software komputer. Bisa diperlukan adalah utilites software, yang mempunyai fungsi, terutama untuk mengatur waktu penempatan files pada harddisk. Gunakan satu set utilites software dan satu jenis antivirus yang sudah biasa digunakan. Satu set utilites software yang memadai biasanya mencakup disk doctor, file fix dan defragmenter. Memory manager bisa disertakan jika memang diperlukan.
Metode pemeliharaan komputer pertama disebut metode preventif harus dilakukan secara rutin dan teratur. Biasanya pemeliharaan preventif untuk hardware bisa dilakukan sekali dalam dua atau tiga bulan – tergantung lingkungan penggunaan komputer – sedangkan perawatan preventif untuk software dilakukan sekali dalam sebulan. Metode kedua yaitu metode kuratif harus dilakukan sesegera mungkin pada kesempatan pertama sesudah ditemukan gejala disfungsi atau malfungsi dari komputer.

Pemeliharaan Piranti masukan
1.   Keyboard
Preventif = Lepaskan kabel keyboard dari system unit dan lepaskan tombol-tombol keyboard dengan menggunakan ujung obeng atau pengungkit yang tumpul. Tentunya setelah kita hapal letak tombol-tombol tersebut. Rendam dalam air sabun lunak sebentar, lalu dengan menggunakan sikat gigi, bersihkan tombol-tombol tersebut, bilas dan lap sampai benar kering. Bersihkan ruangan diantara tombol pada papan keyboard dengan kain flanel yang dibasahi dengan sabun lunak dan sudah diperas. Lalu lap dengan kain flanel kering. Jangan membersihkan bagian sikuit keyboard dengan kain flanel basah. Setelah tombol-tombol kering, pasang kembali pada tempatnya semula.
Kuartif = Jika muncul genjala malfungsi pada keyboard, misalnya tombol A ditekan, tetapi tidak ada reaksi apa-apa, ini sudah cukup sebagai indikator untuk dilakukan tindakan kuratif. Pasang dan coba lagi. Jika keyboard sudah berjalan normal kembali, artinya keruksakan yang terjadi hanya pada komponen mekanik-nya, yang bisa diperbaiki dengan jalan dibersihkan. Namun jika tetap tidak berfungsi setelah dibersihkan, sebaiknya dibawa ke refresentatif office atau kebengkel-komputer terdekat.      
2.   Mouse
Preventif = Lepaskan mouse dari system unit, bersihkan dengan lap flannel basah setelah itu keringkan.
Kuartif = Jika terasa ada malfungsi (gerakan kursor dilayar tidak sama dengan gerakan mouse) atau disfungsi (kursor dilayar tidak bergerak sama sekali saat mouse digerakan) maka lakukan tidakan kuratif.
           
Perawatan PC Anda
Ada dua Musuh utama PC Anda yaitu panas dan kelembaban. Kelebihan panas mempercepat kerusakan pada sirkuit halus dalam sistem Anda. Penyebab paling umum dari overheating ini debu dan kotoran: ventilasi tersumbat dan pendinginan CPU yang dapat menjaga udara panas menghilang dan bergerak melalui alat ini, dan bahkan lapisan tipis debu atau kotoran dapat menaikkan suhu komponen mesin Anda. Setiap kotoran, tapi khususnya residu dari asap rokok, dapat menimbulkan korosi terkena kontak logam. Itu sebabnya usahakan agar sistem Anda bersih, luar dalam. Jika PC Anda berada dalam lingkungan, relatif bersih iklim yang terkendali, hanya perlu  melakukan pembersihan tahunan. Tapi di lokasi dunia nyata, seperti kantor berdebu atau lantai toko, dan di ruangan yang tidak ber AC sistem Anda mungkin perlu membersihkan setiap beberapa bulan. Yang Anda butuhkan adalah tisu benang-gratis, Facum Cleaner, beberapa tetes larutan pembersih yang ringan seperti Formula 409 atau Kain pembersih dalam semangkuk air, dan tali pergelangan tangan antistatic untuk melindungi sistem Anda ketika Anda membersihkan bagian dalam Komputer.

Kotoran di Luar Casing CPU
Sebelum Anda memulai pembersihan, cek di sekitar PC Anda untuk apa pun di dekatnya yang bisa menaikkan suhu (seperti saluran pemanasan atau sinar matahari masuk melalui jendela). Juga jelas apa saja yang mungkin jatuh di atasnya atau membuat kotor, seperti rak buku atau houseplants.
Selalu matikan dan cabut listrik dari komputer sebelum Anda membersihkan komponennya. Jangan pernah menyiram cairan langsung ke komponen.
Spray atau menuangkan cairan pada kain-bebas serat, dan menyeka PC dengan kain.

Bersihkan FAN CPU:
Lap Fan dan ventilasi port dari setiap penghalang udara, jangan sampai meniup debu ke PC atau drive-nya, optik dan disket. Jauhkan semua kabel dari fan dan terpasang kuat ke konektor mereka.

Merawat mouse Anda:
Ketika sebuah mouse Optikalnya kotor, pointer bergerak tak teratur bahkan tidak bergerak. Ini disebabkan di sekitar lampu sensor optikalnya penuh debu sehingga menghalangi sensor untuk memantulkan cahaya infra red ke Opticalnya. Bersihkan debu dari sekitar lampu sensor dengan menggunkan kain halus agar debu tidak menghalangi pantulan sinar ke Optic mousnya.

Merawat Keyboard :
Balikkan keyboard dan goyang-goyang untuk membersihkan remah-remah dari antara tombol. Jika itu tidak cukup, dan Jika rombol keyboard sering macet bila di tekan tidak mau kembali berarti kunci tombol Keyboard Anda benar-benar kotor, bongkar semua tombol agar mudah dibersihkan dengan menggunakan Pincet sebagai penjepit jumbo – hanya pastikan untuk menggunakan sentuhan lembut. Masih banyak lagi bagian dari Komputer yang perlu dilakukan perawatan agar komputer anda dapat bekerja dan melayani anda dengan baik, kalau di tulis seluruhnya akan sangat panjang dan mungkin anda akan malas membacanya, dan belum tentu mengerti apa yang dimaksud, jadi lebih baik dilihat melalui tayangan video.

Komputer dan laptop kita hanya sebuah peralatan. Peralatan harus dibersihkan dan dipelihara agar dapat bekerja dengan baik. Ada hal-hal di rumah yang perlu dipertahankan sehingga Anda dapat menggunakannya untuk waktu yang lama. Sama seperti mobil, kami bawa ke bengkel auto jadi kita dapat melihat apakah ada masalah atau kita hanya membawa mereka di sana untuk pemeliharaan. Ini perlu diperiksa sehingga kita dapat mencegah kerusakan lebih lanjut jika ada bagian yang rusak. Ini adalah cara untuk itu untuk bekerja yang terbaik. Ketika datang ke komputer, ini harus dilakukan juga. Untuk itu untuk bekerja dengan benar, Anda harus melakukan beberapa perawatan komputer.
Ketika kita menggunakan komputer kita, kita dapat melakukan begitu banyak hal. Kita bisa mengetik, surfing internet, chatting, mengirim mail, menonton film, download musik dan hal-hal lain. Karena ada begitu banyak hal yang kita lakukan dengan itu, banyak hal bisa terjadi juga. Karena kita menghabiskan banyak waktu online, mungkin ada program yang tidak diinginkan dan aplikasi yang dapat memasuki sistem kami. Juga, karena kita download file yang berbeda, ada juga kemungkinan di mana Anda men-download file dengan virus yang tidak diinginkan. Itulah sebabnya maintenance komputer sangat penting sehingga Anda dapat melihat dan menghapus hal-hal ini.
Berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan:
·         Jalankan scan anti-virus/computer setiap minggu jika Anda menggunakan komputer Anda sering
·         Hapus semua virus yang ditemukan dalam sistem
·         Hapus semua file yang tidak perlu
·         Hapus file yang tidak diketahui atau file yang ada di sistem anda yang bukan milikmu
·         Hapus atau uninstall program yang tidak Anda gunakan
·         Jika Anda menggunakan internet, menghapus semua file internet sementara. Meskipun dapat mempercepat waktu loading di beberapa website, bisa mengambil banyak ruang di sistem anda
·         Memiliki cadangan untuk file Anda sehingga jika Anda perlu untuk menghapusnya dari komputer utama Anda, Anda selalu memiliki cadangan
Untuk pengguna komputer biasa atau biasa, ini adalah hal yang diperlukan yang harus mereka lakukan tapi untuk teknisi maintenance komputer, mereka melakukan banyak hal untuk pemeliharaan komputer mereka. Mereka memiliki program yang berbeda yang mereka gunakan dan mereka jenis dan mengkonfigurasi banyak hal. Mereka adalah untuk Geeks komputer dan pecinta tetapi untuk pengguna biasa, Anda hanya dapat memiliki scan mingguan untuk virus dan program yang tidak diinginkan lainnya. Itu adalah cara sederhana dan termudah untuk komputer Anda untuk bekerja dengan baik. Setiap pengguna ingin komputer mereka untuk memuat cepat dan bekerja dengan cara yang seharusnya. Bagi Anda untuk dapat menikmati komputer Anda dan laptop, hanya memiliki perawatan komputer biasa.
Apa itu TuneUp Utilities 2011 Versi 10.0.3000.101 Final??
TuneUp Utilities adalah aplikasi yang dapat membuat sistem operasi Windows lebih cepat, lebih nyaman dan lebih aman hanya dengan beberapa klik mouse. Dan semua operasi yang dilakukan pada sistem operasi benar-benar aman, karena semua perubahan yang dipantau oleh TuneUp Rescue Center dan dapat dibatalkan kapan saja. Semua TuneUp Utilities modul dapat diakses melalui interface (1-Click Maintenance) umum yang terbagi menjadi enam kategori.
Perangkat lunak ini membantu baik pemula dan ahli untuk membuat Windows memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang lebih baik, lebih mudah dan aman. Semua sistem penting dijelaskan dengan cara yang mudah dan dapat diaktifkan atau dinonaktifkan pada 1-Click Maintenance. TuneUp Utilities akan membuat perubahan yang diperlukan dalam registri atau file boot secara otomatis. Dengan TuneUp Utilities Anda dengan cepat akan membuat sistem Windows lebih cepat dan lebih nyaman untuk digunakan-dan memastikan bahwa hal itu tetap seperti ini untuk jangka panjang. Hal ini membuat TuneUp Utilities program yang sempurna untuk semua orang: bagi mereka yang lebih suka meninggalkan pemeliharaan komputer untuk mitra yang dapat dipercaya dan juga bagi mereka yang lebih suka melakukan segalanya sendiri.
Untuk TuneUP utilities 2011 memiliki fitur baru yaitu TuneUp Turbo Mode.
TuneUp Turbo Mode peningkatan kinerja segera kapanpun Anda membutuhkannya. Bila Anda menggunakan komputer Anda di TuneUp Turbo Mode, analisis dilakukan untuk melihat mana tugas-tugas, program dan fungsi yang saat ini berjalan di latar belakang yang tidak benar-benar diperlukan. TuneUP Turbo Mode dapat kita aktifkan kapan pun kita membutuhkannya.
Untuk temen temen yang menginginkan TuneUP Utilities 2011 Versi 10.0.3000.101 Final dapat download melalui link yang saya berikan dan didalam nya sudah terdapat keygen. Setelah menginstal  TuneUP Utilities 2011 Versi 10.0.3000.101 Final selanjutnya anda buka keygen nya, dan register TuneUP Utilities 2011dengan key dari keygen. Pada saat register anda bebas memasukan nama dan profesi, akan tetapi untuk key registrasinya anda ambil dari generate keygen tersebut.Atau kalo anda mau serial numbernya juga saya sediakan link nya.. Selamat menikmati. 

Cara Service Acer ASPIRE ONE Mati :
  1. Siapkan Flasdisk max 2Gb, kemudian format flasdisk tersebut dengan partisi FAT.
  2. Download File BIOS ACER ASPIRE ONE di http://support.acer-euro.com/drivers/notebook/as_one_150.html 
  3. Extract File zipnya dan copy 2 file yg ada didalamnya yaitu FLASHIT.EXE dan ZG5IA32.FD ke flasdisk langsung tanpa folder / direktori.
  4. Tancapkan Flasdisk di port USB kiri netbook.
  5. Colokkan Carger laptop.
  6. Tekan Tombol Fn dan Esc tahan dan kemudian tekan tombol power sekali.
  7. Setelah beberapa detik, lepaskan tombol Fn+Esc. Maka tombol power akan blinking
  8. Tekan tombol power sekali lagi, maka flasddisk akan blinking tandanya file BIOS di dalam flasdisk sedang diakses (penting..!!! biarkan beberapa saat karena proses sedang berjalan walaupun lampu power kelihatan tidak menyala.)
  9. Tunggu beberapa saat dan lampu power berhenti blinking dan kemudian netbook akan restart sendiri.
  10. Setelah restart, ACER ASPIRE ONE akan kembali nyala. Proses ini tidak lebih dari 10 menit.
Mengembalikan File yang di Delete/Hapus Permanent
            Disini saya akan menulis dan berbagi pengalaman mengenai file yang sudah di delete permanen yang artinya tidak ada lage di recycle bin.
            Pengalaman ini terjadi waktu temenku maen kerumah karena kesel dia g bisa ngambil file video yang ada di komputer saya dan saya ketawa dan nyengir2,saya ktawa dan nyengir2 karena dia menuduh kompinya di protek untuk copy psate ke flashdisk pdahal sudah saya buka dan itu di sebabkaan karena dia kurang pas memasukan memorinya ke card reader,..malu niye…!!
merasa di lecehkan kle yah…wakkkk,eh malah filenya videonya di delete semua..hidih..jahat amet yah..!!
 jdi ikut kesel nich….hehehe..!!
            Untungnya saya masih inget punya tool untuk mengembalikan file yang telah di delete permanen,waduh lupa lge lge filenya taro dimana…???akhirnya saya minta bantuan google dekstop eh ketemu..canggih juga yah google hikz..pe yg di dalem2 bisa ketemu hikz….jangan porno ach.
            Biarlah filenya dah di buang juga bisa balikin lge ..wekz 100%balik lge bro.
 klo butuh filenya anda bisa downloud. Dan ini saya kasih cara penggunanannya
·         downloud toolnya, klik az di SINI
·         kemudian extract filenya
·         buka file restoration
·         setelah di buka akan muncul gambar seperti ini
·         Setelah kebuka filenya kita pilih lokal disk yang dimana file sebelum di delete klo inget hehe kalo ngga ya tinggal pilih az semua local disk satu persatu hikz..untuk memilih local partisinya kita bisa klik anak pnah(V). liat gambar di bawah ini..
·         Setelah memilih bagian hardisk/flash memory yang pernah di delete permanen sekarang kita tinggal klik Search deleted files
·         Setelah proses pencarian selesai maka akan tampil di bar sebelah kanan file2 yang telah terdelete,
·         Nah nongol tuh file yang tdi ilang tedelete permanen heheh….!!!sekarang tinggal pilih az file yang mo di ambil dan di balikin lage..klik filenya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar