Senin, 06 Februari 2012

MULTIMEDIA


MULTIMEDIA

Sejarah Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Baru mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
Istilah multimedia dari teater, bukan computer. Pertunjukan yng memanfaatkan lebih  dari  suatu medium seringkali disebut pertunjukanmultimedia. Pertunjukan multimedia mencakup : konitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.
Perbandingan Multimedia
Menurut Morgan Stanley “ untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutuhkan untuk : televise 13 thn, TV kabel 10 thn, internet 5 thn”. Jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini dan perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet.
Pengertian Multimedia
Multi  : banyak atau bermacam-macam
Media : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu, alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (American Heritagen Electronic Dictionary,1991)
Jadi, Multimedia adalah penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio, grafik, animasi dan video.
“Pepadu harmonis antara berbagai media (teks, gambar, grafik/diagram, audio, video, animasi) secara sinergis untuk mencapai tujuan (pembelajaran)”.
Definisi Multimedia
1.    Multimedia is, (in theory), the seamless integration under computer control of any text, sound, still and animated images nd motion video.
2.    Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini           dapat berupa audio (suara, music) animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban et al,2002)
3.    Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
4.    Multimedia dalam konteks computer adalah : pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
Peranan Multimedia
1.    Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks dan grafik.
2.    Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif dan interaktife
3.    Tingkat Daya Ingat dan Pesan
Tingkat kemampuan daya ingat
Media
%
Audio
10
Verbal (teks, visual)
20
Audio-Visual
50

Tingkat kemampuan menyimpan pesan
Media
< 3 hari
>3 hari
Audio
70%
10%
Verbal (teks, visual)
72%
20%
Audio-Visual
85%
65%

Kemampuan Multimedia
1.    Mengubah tempat kerja, dengan adanya teleworking atau telecommuting
2.    Mengubah cara belanja, dengan adanya homeshopping atau teleshopping
3.    Mengubah cara bisnis, dengan adanya system jual beli online dan online-banking
4.    Mengubah cara memperoleh informasi, dengan adanya Koran oneline
5.    Mengubah cara belajar, dengan adanya computer multimedia dan belajar online
6.    Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televise dan radio
Syarat Sistem Multimedia
1.    Kombinasi Media > Sistem disebut multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar dan media kontinu adalah audio dan video.
2.    Indepedence > Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut system multimedia jika tingkat ketergantungan / keterkaitan antar media tersebut rendah.
3.    Computer-supported Integration > Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh computer. Sistem dapat deprogram oleh system programmer/user.
Komputer Multimedia
            Komputer Multimedia merupakan standar system computer yang menyediakan fasilitas multimedia. Komputer multimedia terdiri dari sebuah computer dengan: CD-ROM drive / DVD drive, Sound Card (untuk recording dan playback), multimedia (music/move) Player, RAM dan HARD DISK yang mencukupi, Grafik Adapter dan speaker.
Pembagian Sistem Multimedia
1.    Sistem Multimedia Stand Alone : merupakan system computer multimedia yang memiliki minimal stroge (hardisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic) dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2.    Sistem Multimedia Berbasis Jaringan: Sistem yang terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing system dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh : video converence, permasalahan: bila bandwidth kecil, akan terjadi kemacetan jaringan.
Perbandingan Sistem Media
Aspek
Off line
On Line
Player
Stand alone PC
Network, internet
Media
Dua jenis atau lebih
Dua jenis atau lebih
Pesan
Terintegrasi
Terintegrasi
Pembelajaran
Terpogram, closed
Interkoneksi
Interaktivitas
User dengan komputer
Terpogram, open antar user, nara sumber
Komunikasi
Dua arah
Banyak arah
Up dating
Terpogram, closed
Kontinyu
Sifat
Versi baru
Dinamis
Konten
Statis, multi
Multi

Multimedia dalam Pembelajaran
            Media/medium adalah perantara. Media komunikasi adalah penyampaian pesan atau informasi. Jadi, Media pembelajaran adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran.
Kontribusi Media dalam Pembelajaran
1.    Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih berstandar, lebih menarik dan lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
2.    Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek dan kualitas pembelajaran dapat diperpendek dan kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.
3.    Proses pembelajarandapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan.
4.    Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan serta peran guru berubah kearah yang positif.
Peran Media dalam Pembelajaran
1.    Membuat kongkrit konsep yang abstrak dan mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting.
2.    Memberikan pengganti pengalaman langsung, sehingga dapat mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati.
3.    Memberikan pengalaman segi pengamatan dan menyajikan perbedaan warna secara visual.
4.    Menyajikan informasi yang memerlukan gerak.
Pengguanaan Media untuk Pembelajaran
            Media dalam pembelajaran mamiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia). Multimedia dibagi menjadi dua yaitu: multimedia presentasi dan multimedia interaktif.

Multimedia merupakan penggabungan lebih dari satu media menjadi suatu bentuk komunikasi yang bersifat multimodal atau multichannel (Heinich, 2002; Boyle, 1997; Rieber, 1994). Multimedia telah banyak digunakan oleh para guru dan dosen untuk menyampaikan materi ajarnya kepada para siswa dan mahasiswa. Software-software presentasi seperti Microsoft PowerPoint menggabungkan berbagai jenis media ke dalam suatu paket presentasi yang menarik, yang akan menarik perhatian dan meningkatkan motivasi para pembelajar (Jonassen dkk, 1999).
2.1. Aplikasi Multimedia
Berbagai aplikasi multimedia dapat dilihat pada Tabel 1. Tampak bahwa aplikasi multimedia sangat luas.
Tabel 1 Aplikasi multimedia
Aplikasi
Keterangan
Presentasi bisnis
Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien.
Pelatihan berbasis komputer
(CBD/Computer Based Training)
Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh, CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membesihkan busi yang dapat divisualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi dites juga diperdengarkan.
Hiburan
Multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
Pendidikan
Multimedia digunakan memvisualisasikan pelajara-pelajaran yang sulit diterangkan (misalnya fisika dan matematika) dengan cara konvensional.
Penyajian informasi
Multimedia dapat dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu, multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis, baik dalam bentuk buku elektronis maupun koran elektronis.
Kios interaktif
Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum (misalnya mall atau universitas). Pemakai dapat berinteraksi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi.
Telekonferensi
Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan kemasing-masing komputer pemakai.
2.2. Kebutuhan Perangkat Keras
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimediapaling tidak memiliki kompenen yang disebut kartu suara (sound card) sepasang speaker, dan mikropon.
  • Kartu suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio.
  • Speaker adalah peranti untuk menyajikan suara.
  • Mikropon adalah peranti untuk menerima suara manusia.
Umumnya komputer sekarang telah dilengkapi komponen-komponen tersebut.
Untuk membentuk aplikasi multimedia, bermacam-macam peralatan dapat digunakan. Gambar 1 memperlihatkan semua piranti yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi multimedia.
Gambar 1 Berbagai peralatan yang digunakan dalam aplikasi multimedia
2.3. Elemen Multimedia
Sebagaimana tersirat dalam definisi multimedia di depan, elemen multimedia meliputi :
  • Teks,
  • Suara,
  • Gamabar statis,
  • Animasi, dan
  • Video.
2.3.1. Teks
Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang menggunakan model baris perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun ukuran.
2.3.2. Suara
Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu: misalnya untuk memperdengarkan cara melafalkan sebuah kata dalam bahasa inggris. Dengan bantuan suara, pemakai dapat mendengar bunyi suatu kata dengan tepat.
Suara pada komputer disimpan dengan berbagai format. Tabel 2 memperlihatkan tipe-tipe berkas suara.
Tabel 2 Format berkas suara pada komputer
Format
Ekstensi
Keterangan
AIFF
.aif
Kepanjangannya adalah Audio Interface File Format, merpakan standar berkas suara tersempel pada komputer Apple.
AU
.au
Format suara yang pertama kali dikembangkan oleh Sun. Terkenal di lingkungan UNIX.
MIDI
.mid
Kepanjangannya adalah Musical Instrument Digital Interface, merupakan format suara yang khusus menyimpan instrumen musik. Tidak biasa untuk suara.
MP3
.mp3
Format yang umum digunakan untuk lagu.
WAVE
.wav
Format suara yang biasa dipakai untuk windows.
WMA
.wma
Kepanjangannya adalah Windows Media Audio, merupakan berkas suara yang mempunyai kualitas seperti CD tetapi dengan ukuran berkas hanya setengah dari ukuran berkas MP3.
Berbagai perangkat lunak dapat digunakan untuk merekam suara. Sebagai contoh, Sound Recorder yang tersedia pada Windows dapat digunakan untuk merekam suara dengan format WAVE.
2.3.3. Gambar Statis
Kata pepatah, “Gambar mewakili seribu kata”. Hal ini mencerminkan bahwa sebuah gambar seringkali dapat lebih berarti bagi seseorang dari pada sejumlah kata.
Umumnya gambar disimpan dengan cara dimampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal. Untuk melakukan pemampatan ini, ada dua teknik yang dikenakan. Yang pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua adalah teknik lossy. Teknik pemampatan lossy adalah suatu teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar dapat dimampatkan sekecil mungkin. Teknik pemampatan lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar aslinya.
Banyak format gambar yang telah diimplementasikan dalam sistem komputer. Beberapa format terkenal dapat dilihat pada Tabel 3.
Tabel 3 Format beberapa gambar pada komputer
Format
Ekstensi
Keterangan
BMP
.bmp
Kepanjangannya adalah BitMap Grafics. Format yang biasa digunakan pada DOS dan Windows.
CDR
.cdr
Format gambar yang dihasilkan CorelDraw.
DXF
.dxf
DXF (Drawing eXchange Format) adalah format gambar yang dihasilkan program AutoCAD.
EPS
.eps
Kepanjangannya adalah Encapsulated PostScript. Format yang dapat digunakan untuk teks dan gambar.
GIF
.gif
Kepanjangannya adalah Grafics Interchange Format. Dikembangkan oleh Compuserve pada tahun 1987. Hanya dapat menangani 256 warna.
HPG
.hpg
Format dari Hewlett Packard (Hewlett Packard Graphics Language).
JPG
.jpg
.jpeg
.jpe
Kepanjangannya adalah Joint Photographic Expert Group. Tingkat kompresinya sangat tinggi.
PCX
.pcx
Format yang digunakan oleh perangkat lunak Paintbrush.
PNG
.png
PNG (Portable Network Graphics) dirancang oleh W3C (World Wide Web Consortium) untuk menggantikan GIF dan JPEG. Formatnya didesain supaya tidak tergantung pada mesin, sehingga dapat ditangani oleng sembarang jenis komputer dan sistem operasi.
TGA
.tga
Format Targa (TGA) merupakan format berkas gambar yang dimuat oleh True Vision, Inc. untuk mengimplementasikan true color (warna alami yang mengandung jutaan warna).
TIFF
.tif
Kepanjangannya adalah Tagged Image File Format. Format ini bisa digunakan pada desktop publishing.
WMF
.wmf
Kepanjangannya adalah Windows MetaFile. Biasa dijumpai pada Windows.
WPG
.wpg
Format gambar yang dihasilkan oleh DrawPerfect.
Berbagai perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar statis. Adobe Photoshop merupakan contoh perangkat lunak terkenal di Windows yang digunakan untuk memanipulasi gambar dan foto. Di lingkungan Linux terdapat GIMP. Paint merupakan program grafik sederhana yang dapat digunakan untuk membuat gambar dengan menggunakan mouse.
2.3.4. Animasi
Animasi berarti teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Berbagai teknik animasi telah diciptakan. Cara sederhana untuk membuat gambar bergerak adalah dengan menggunkan sejumlah gambar yang berbeda sedikit. Sebagai contoh dapat dilihat pada Gambar 2, gambar-gambar tersebut jika ditampilkan pada layar secara berturut-turut dan bergantian, maka terkesan pesawat ruang angkasa yang sedang melepaskan roket pendorong.Cara ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan perangkat lunak seperti Ulead GIF Animator, yang akan membuat deretan gambar tersebut disimpan pada sebuah berkas dengan eksistensi .gif.
Teknik animasi yang lain yang sangat terkenal adalah morphing. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan konsep metamorfose dari suatu gambar awal menjadi gambar akhir. Teknik ini digunakan pada film Terminator.
2.3.5. Video
Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi. Istilah video juga digunakan sebagai singkatan dari videotape, dan juga perekam video dan pemutar video.
Banyak format video yang telah diimplementasikan dalam sistem komputer. Beberapa format terkenal dapat dilihat pada Tabel 4.
Tabel 4 Format berbagai video pada komputer
Format
Keterangan
AVI
Kepanjangannya adalah Audio/Video Interleaved, merupakan standar video pada lingkungan windows.
Ekstensi : .avi
MOV
Format ini dikembangkan oleh Apple. Merupakan format video yang paling banyak digunakan di Web.
MPEG
Kepanjangannya adalah Motion Picture Experts Group, merupakan format untuk video yang biasa digunakan dalam VCD.
Contoh perangkat lunak terkenal yang biasa digunakan untuk membuat film dengan format AVI ataupun yang lain yaitu Adobe Premiere. Windows juga menyediakan perangkat lunak untuk keperluan ini, yaitu Windows Movie Maker.
2.4. Perangkat Lunak Untuk Menciptakan Program Multimedia
Perangkat lunak yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut multimedia authoring system (atau sering disebut authoring software). Beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu Authoware, Quest, Icon Author, dan Multimedia Director

Tidak ada komentar:

Posting Komentar