MULTIMEDIA
Sejarah Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna
dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan.
Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan,
multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan,
profil produk, bahkan sebagai media kios
informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya
multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar
diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi
indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga
kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia
mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3
dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton.
Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Baru mulai
menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui
telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat
mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer
penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin
reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur
menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari
internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan
feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan
melainkan aroma.
Istilah multimedia dari
teater, bukan computer. Pertunjukan yng memanfaatkan lebih dari
suatu medium seringkali disebut pertunjukanmultimedia. Pertunjukan
multimedia mencakup : konitor video, synthesized band, dan karya seni manusia
sebagai bagian dari pertunjukan.
Perbandingan Multimedia
Menurut Morgan Stanley “
untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang
dibutuhkan untuk : televise 13 thn, TV kabel 10 thn, internet 5 thn”. Jumlah
pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini dan perkembangan
multimedia mengikuti perkembangan internet.
Pengertian Multimedia
Multi
: banyak atau bermacam-macam
Media : sesuatu yang dipakai untuk
menyampaikan atau membawa sesuatu, alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan
informasi (American Heritagen Electronic Dictionary,1991)
Jadi, Multimedia adalah penggunaan beberapa
media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk
teks, audio, grafik, animasi dan video.
“Pepadu harmonis antara berbagai media (teks,
gambar, grafik/diagram, audio, video, animasi) secara sinergis untuk mencapai
tujuan (pembelajaran)”.
Definisi Multimedia
1.
Multimedia is, (in theory), the seamless
integration under computer control of any text, sound, still and animated
images nd motion video.
2.
Kombinasi dari paling sedikit dua media input
dan output. Media ini dapat
berupa audio (suara, music) animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban et
al,2002)
3.
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang
dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan
video (Robin dan Linda, 2001)
4.
Multimedia dalam konteks computer adalah :
pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video
dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
Peranan Multimedia
1. Bidang
pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat
mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek: suara, video,
animasi, teks dan grafik.
2. Bidang
jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif
dan interaktife
3. Tingkat Daya Ingat dan Pesan
Tingkat kemampuan daya ingat
Media
|
%
|
Audio
|
10
|
Verbal (teks, visual)
|
20
|
Audio-Visual
|
50
|
Tingkat kemampuan menyimpan pesan
Media
|
< 3 hari
|
>3 hari
|
Audio
|
70%
|
10%
|
Verbal (teks, visual)
|
72%
|
20%
|
Audio-Visual
|
85%
|
65%
|
Kemampuan Multimedia
1.
Mengubah tempat kerja, dengan adanya teleworking
atau telecommuting
2.
Mengubah cara belanja, dengan adanya
homeshopping atau teleshopping
3.
Mengubah cara bisnis, dengan adanya system jual
beli online dan online-banking
4.
Mengubah cara memperoleh informasi, dengan
adanya Koran oneline
5.
Mengubah cara belajar, dengan adanya computer
multimedia dan belajar online
6.
Internet Multimedia juga mulai bersaing
dengan televise dan radio
Syarat Sistem Multimedia
1.
Kombinasi Media > Sistem disebut
multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media
diskrit : teks dan gambar dan media kontinu adalah audio dan video.
2.
Indepedence > Aspek utama dari jenis media
yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut system multimedia
jika tingkat ketergantungan / keterkaitan antar media tersebut rendah.
3.
Computer-supported Integration > Sistem
harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh computer. Sistem dapat deprogram
oleh system programmer/user.
Komputer Multimedia
Komputer
Multimedia merupakan standar system computer yang menyediakan fasilitas
multimedia. Komputer multimedia terdiri dari sebuah computer dengan: CD-ROM
drive / DVD drive, Sound Card (untuk recording dan playback), multimedia
(music/move) Player, RAM dan HARD DISK yang mencukupi, Grafik Adapter dan
speaker.
Pembagian Sistem Multimedia
1.
Sistem Multimedia Stand Alone : merupakan system
computer multimedia yang memiliki minimal stroge (hardisk,
CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic) dan
output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2.
Sistem Multimedia Berbasis Jaringan: Sistem
yang terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar.
Perbedaannya adalah adanya sharing system dan pengaksesan terhadap sumber daya
yang sama. Contoh : video converence, permasalahan: bila bandwidth kecil, akan
terjadi kemacetan jaringan.
Perbandingan Sistem Media
Aspek
|
Off line
|
On Line
|
Player
|
Stand alone PC
|
Network, internet
|
Media
|
Dua jenis atau lebih
|
Dua jenis atau lebih
|
Pesan
|
Terintegrasi
|
Terintegrasi
|
Pembelajaran
|
Terpogram, closed
|
Interkoneksi
|
Interaktivitas
|
User dengan komputer
|
Terpogram, open antar user, nara sumber
|
Komunikasi
|
Dua arah
|
Banyak arah
|
Up dating
|
Terpogram, closed
|
Kontinyu
|
Sifat
|
Versi baru
|
Dinamis
|
Konten
|
Statis, multi
|
Multi
|
Multimedia dalam Pembelajaran
Media/medium
adalah perantara. Media komunikasi adalah penyampaian pesan atau informasi.
Jadi, Media pembelajaran adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan materi
pembelajaran.
Kontribusi Media dalam
Pembelajaran
1.
Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih
berstandar, lebih menarik dan lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
2.
Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat
diperpendek dan kualitas pembelajaran dapat diperpendek dan kualitas
pembelajaran dapat ditingkatkan.
3.
Proses pembelajarandapat berlangsung kapanpun
dan dimanapun diperlukan.
4.
Sikap positif siswa terhadap materi
pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan serta peran guru
berubah kearah yang positif.
Peran Media dalam Pembelajaran
1.
Membuat kongkrit konsep yang abstrak dan
mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting.
2.
Memberikan pengganti pengalaman langsung,
sehingga dapat mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati.
3.
Memberikan pengalaman segi pengamatan dan
menyajikan perbedaan warna secara visual.
4.
Menyajikan informasi yang memerlukan gerak.
Pengguanaan Media untuk Pembelajaran
Media
dalam pembelajaran mamiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan
yang disampaikan guru untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media
sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia). Multimedia dibagi
menjadi dua yaitu: multimedia presentasi dan multimedia interaktif.
Multimedia
merupakan penggabungan lebih dari satu media menjadi suatu bentuk komunikasi
yang bersifat multimodal atau multichannel (Heinich, 2002; Boyle,
1997; Rieber, 1994). Multimedia telah banyak digunakan oleh para guru dan dosen
untuk menyampaikan materi ajarnya kepada para siswa dan mahasiswa.
Software-software presentasi seperti Microsoft PowerPoint menggabungkan
berbagai jenis media ke dalam suatu paket presentasi yang menarik, yang akan
menarik perhatian dan meningkatkan motivasi para pembelajar (Jonassen dkk,
1999).
2.1. Aplikasi Multimedia
Berbagai
aplikasi multimedia dapat dilihat pada Tabel 1. Tampak bahwa aplikasi
multimedia sangat luas.
Tabel 1 Aplikasi
multimedia
Aplikasi
|
Keterangan
|
Presentasi bisnis
|
Multimedia digunakan sebagai media
komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis
ataupun gagasan ke audien.
|
Pelatihan berbasis komputer
(CBD/Computer Based Training)
|
Multimedia digunakan untuk
mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual.
Contoh, CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi.
Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membesihkan busi yang dapat
divisualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi dites juga
diperdengarkan.
|
Hiburan
|
Multimedia digunakan dalam
program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan
interaktif.
|
Pendidikan
|
Multimedia digunakan
memvisualisasikan pelajara-pelajaran yang sulit diterangkan (misalnya fisika
dan matematika) dengan cara konvensional.
|
Penyajian informasi
|
Multimedia dapat dipakai untuk
membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara.
Selain itu, multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis, baik dalam
bentuk buku elektronis maupun koran elektronis.
|
Kios interaktif
|
Kios adalah tempat informasi yang
biasa dijumpai pada tempat-tempat umum (misalnya mall atau universitas).
Pemakai dapat berinteraksi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam
mencari informasi.
|
Telekonferensi
|
Multimedia digunakan untuk bertemu
muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan kemasing-masing
komputer pemakai.
|
2.2. Kebutuhan Perangkat Keras
Sebuah sistem
yang dilengkapi dengan kemampuan multimediapaling tidak memiliki kompenen yang
disebut kartu suara (sound card) sepasang speaker, dan mikropon.
- Kartu suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio.
- Speaker adalah peranti untuk menyajikan suara.
- Mikropon adalah peranti untuk menerima suara manusia.
Umumnya komputer sekarang telah
dilengkapi komponen-komponen tersebut.
Untuk membentuk
aplikasi multimedia, bermacam-macam peralatan dapat digunakan. Gambar 1
memperlihatkan semua piranti yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi
multimedia.
Gambar 1 Berbagai
peralatan yang digunakan dalam aplikasi multimedia
2.3. Elemen Multimedia
Sebagaimana
tersirat dalam definisi multimedia di depan, elemen multimedia meliputi :
- Teks,
- Suara,
- Gamabar statis,
- Animasi, dan
- Video.
2.3.1. Teks
Teks merupakan
bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang
menggunakan model baris perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan
berbagai bentuk font maupun ukuran.
2.3.2. Suara
Suara merupakan
media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu: misalnya untuk memperdengarkan
cara melafalkan sebuah kata dalam bahasa inggris. Dengan bantuan
suara, pemakai dapat mendengar bunyi suatu kata dengan tepat.
Suara pada
komputer disimpan dengan berbagai format. Tabel 2 memperlihatkan tipe-tipe
berkas suara.
Tabel 2 Format berkas
suara pada komputer
Format
|
Ekstensi
|
Keterangan
|
AIFF
|
.aif
|
Kepanjangannya adalah Audio
Interface File Format, merpakan standar berkas suara tersempel pada
komputer Apple.
|
AU
|
.au
|
Format suara yang pertama kali
dikembangkan oleh Sun. Terkenal di lingkungan UNIX.
|
MIDI
|
.mid
|
Kepanjangannya adalah Musical
Instrument Digital Interface, merupakan format suara yang khusus
menyimpan instrumen musik. Tidak biasa untuk suara.
|
MP3
|
.mp3
|
Format yang umum digunakan untuk
lagu.
|
WAVE
|
.wav
|
Format suara yang biasa dipakai untuk
windows.
|
WMA
|
.wma
|
Kepanjangannya adalah Windows
Media Audio, merupakan berkas suara yang mempunyai kualitas seperti CD
tetapi dengan ukuran berkas hanya setengah dari ukuran berkas MP3.
|
Berbagai perangkat lunak dapat
digunakan untuk merekam suara. Sebagai contoh, Sound Recorder yang
tersedia pada Windows dapat digunakan untuk merekam suara dengan format WAVE.
2.3.3. Gambar Statis
Kata pepatah,
“Gambar mewakili seribu kata”. Hal ini mencerminkan bahwa sebuah gambar
seringkali dapat lebih berarti bagi seseorang dari pada sejumlah kata.
Umumnya gambar
disimpan dengan cara dimampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam
penyimpanan eksternal. Untuk melakukan pemampatan ini, ada dua teknik yang
dikenakan. Yang pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua adalah
teknik lossy. Teknik pemampatan lossy adalah suatu teknik yang
memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai
perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan
cara seperti ini, gambar dapat dimampatkan sekecil mungkin. Teknik pemampatan lossless
adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan
gambar aslinya.
Banyak format
gambar yang telah diimplementasikan dalam sistem komputer. Beberapa format
terkenal dapat dilihat pada Tabel 3.
Tabel 3 Format
beberapa gambar pada komputer
Format
|
Ekstensi
|
Keterangan
|
BMP
|
.bmp
|
Kepanjangannya adalah BitMap
Grafics. Format yang biasa digunakan pada DOS dan Windows.
|
CDR
|
.cdr
|
Format gambar yang dihasilkan
CorelDraw.
|
DXF
|
.dxf
|
DXF (Drawing eXchange Format)
adalah format gambar yang dihasilkan program AutoCAD.
|
EPS
|
.eps
|
Kepanjangannya adalah Encapsulated
PostScript. Format yang dapat digunakan untuk teks dan gambar.
|
GIF
|
.gif
|
Kepanjangannya adalah Grafics
Interchange Format. Dikembangkan oleh Compuserve pada tahun 1987. Hanya
dapat menangani 256 warna.
|
HPG
|
.hpg
|
Format dari Hewlett Packard (Hewlett
Packard Graphics Language).
|
JPG
|
.jpg
.jpeg
.jpe
|
Kepanjangannya adalah Joint
Photographic Expert Group. Tingkat kompresinya sangat tinggi.
|
PCX
|
.pcx
|
Format yang digunakan oleh perangkat
lunak Paintbrush.
|
PNG
|
.png
|
PNG (Portable Network Graphics)
dirancang oleh W3C (World Wide Web Consortium) untuk menggantikan GIF
dan JPEG. Formatnya didesain supaya tidak tergantung pada mesin, sehingga
dapat ditangani oleng sembarang jenis komputer dan sistem operasi.
|
TGA
|
.tga
|
Format Targa (TGA) merupakan format
berkas gambar yang dimuat oleh True Vision, Inc. untuk mengimplementasikan true
color (warna alami yang mengandung jutaan warna).
|
TIFF
|
.tif
|
Kepanjangannya adalah Tagged Image
File Format. Format ini bisa digunakan pada desktop publishing.
|
WMF
|
.wmf
|
Kepanjangannya adalah Windows
MetaFile. Biasa dijumpai pada Windows.
|
WPG
|
.wpg
|
Format gambar yang dihasilkan oleh
DrawPerfect.
|
Berbagai
perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar statis. Adobe Photoshop merupakan
contoh perangkat lunak terkenal di Windows yang digunakan untuk memanipulasi
gambar dan foto. Di lingkungan Linux terdapat GIMP. Paint merupakan
program grafik sederhana yang dapat digunakan untuk membuat gambar dengan
menggunakan mouse.
2.3.4. Animasi
Animasi berarti
teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Berbagai teknik animasi telah
diciptakan. Cara sederhana untuk membuat gambar bergerak adalah dengan
menggunkan sejumlah gambar yang berbeda sedikit. Sebagai contoh dapat dilihat
pada Gambar 2, gambar-gambar tersebut jika ditampilkan pada layar secara
berturut-turut dan bergantian, maka terkesan pesawat ruang angkasa yang sedang
melepaskan roket pendorong.Cara ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan
perangkat lunak seperti Ulead GIF Animator, yang akan membuat deretan gambar
tersebut disimpan pada sebuah berkas dengan eksistensi .gif.
Teknik animasi
yang lain yang sangat terkenal adalah morphing. Teknik ini dilakukan dengan
menggunakan konsep metamorfose dari suatu gambar awal menjadi gambar akhir. Teknik ini digunakan
pada film Terminator.
2.3.5. Video
Video adalah
teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi
umum dari teknologi video adalah televisi. Istilah video juga digunakan sebagai
singkatan dari videotape, dan juga perekam video dan pemutar video.
Banyak format
video yang telah diimplementasikan dalam sistem komputer. Beberapa format
terkenal dapat dilihat pada Tabel 4.
Tabel 4 Format
berbagai video pada komputer
Format
|
Keterangan
|
AVI
|
Kepanjangannya adalah Audio/Video
Interleaved, merupakan standar video pada lingkungan windows.
Ekstensi : .avi
|
MOV
|
Format ini dikembangkan oleh Apple.
Merupakan format video yang paling banyak digunakan di Web.
|
MPEG
|
Kepanjangannya adalah Motion
Picture Experts Group, merupakan format untuk video yang biasa digunakan
dalam VCD.
|
Contoh perangkat lunak terkenal yang
biasa digunakan untuk membuat film dengan format AVI ataupun yang lain yaitu
Adobe Premiere. Windows juga menyediakan perangkat lunak untuk keperluan ini,
yaitu Windows Movie Maker.
2.4. Perangkat Lunak Untuk Menciptakan Program Multimedia
Perangkat lunak
yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut multimedia
authoring system (atau sering disebut authoring software). Beberapa
contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu Authoware, Quest,
Icon Author, dan Multimedia Director
Tidak ada komentar:
Posting Komentar