Jumat, 10 Februari 2012

Jawaban UTS PTI


JAWABAN UTS PTI

1.    Jelaskan secara terperinci tentang Teknologi Informasi dipandang dari sudut:
a.    Pengertian teknologi informasi yaitu teknologi yang menggabungkan computer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video (Williams dan Sawyer,2003)
b.    Perkembangan TI, evolusi abad informasi yaitu abad pertanian ( < 1800) bertani menggunakan tenaga manusia dan tangan ; abad industry (1800-1957) bekerja dipabrik menggunakan tenaga manusia dan mesin ; abad informasi (1957-sekarang) pekerja terdidik menggunakan tenaga dan teknologi informasi.
Penggolongan sejak jaman purba sampai saat ini:
Manual – mekanik – mekanik elektronik - elektronik
c.    Pengelompokan TI dibagi kedalam enam kelompok, yaitu: teknologi komunikasi, teknologi masukan, teknologi keluaran, teknologi perangkat lunak, teknologi penyimpanan, dan teknologi mesin pemroses.
d.    Komponen TI ada 3 macam, yaitu: 1) Hardware (HW) terdiri dari CPU, memory, I/O device, interconnector; 2) Software (SW) terdiri dari OS, package application, user application; 3) Brainware (BW) terdiri dari end user, programmer, analyst, manager.
e.    Klasifikasi TI menurut fungsi system ada tiga macam, yaitu: 1) Embedded IT System; 2) Dedicated IT system ; 3) General Purpose IT System.
f.     Peranan TI, yaitu TI memiliki efek besar dan dampak signifikan, TI mempengaruhi stuktur manajemen organisasi serta proses suatu kegiatan, TI mempengaruhi banyak aspek pekerjaan/ Organisasi.
Manfaat TI yaitu untuk menangkap, mengelolah, menghasilkan, menyimpan, mencari kembali, melakukan transmisi.

2.    Jelaskan secara terperinci pengertian Komputer dan Sistem Komputer ( Berikut elemen-elemennya!
Pengertian Komputer:
·         Menurut Dr. H. Hudiana Hernawan, Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Menerima input, Memproses input tadi sesuai dengan programmnya, Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan Menyediakan output dalam bentuk informasi
·         Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
·         menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Sistem Komputer
Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer.
Elemen Komputer
Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
1)    Brainware
Isilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem tersebut. Manusia merupakan elemen dari sistem komputer. Manusia adalah yang merancang bagaimana suatu sistem dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan.
2)    Software
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau intruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Untuk mencapai keinginan tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta dengan data yang diolahnya. Pengolahan pada Software ini, melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi,proram dan data. Software ini mengatur sdemikian rupa sehinga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
3)    Hardware
Dalam bahasa indonesi disebut perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik seperti perangkat-perangkat masukan, perankat pemproses, maupun perangkat keluaran.
Perangkat ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan printah yang ad padanya, yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengeri oleh mesin tersebut sehingga mesin dapat bekerja berasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.

3.    Jelaskan secara terperinci tentang Piranti Komputer dan Perangkat lunak!
PIRANTI KOMPUTER
Paduan Memilih iranti Komputer
·         Kondisi lingkungan, faktor keselamatan kerja, dan variasi dalam tugas dan hubungannya dengan pekerjaan yang lain harus dipertimbangkan saat memilih piranti dalam perancangan sistem informasi.
·         Perlu diperhatikan karakteristik pengguna, karena pengguna dapat bervariasi dalam pengetahuan, keterampilan, kemampuan, pengalaman, kebudayaan dan gender
·         Perlu disesuaikan antara teknologi, pengguna, kerja yang diinginkan dan lingkungan kerja.
·         Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian dan training yang pernah dilakukan




Piranti Masukan Komputer
·         Masukan berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara memberi perintah ke komputer
·         Agar dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti sistem komputer.
·         Membantu penggunaan unk menyelesaikan pekerjaannya dengan AMAN, EFEKTIF,EFISIEN dan jika mungkin MENYENANGKAN.
·         Dalam praktek tidak ada satu piranti masukan yang dapat memenuhi semua kebutuhan.
·         Umumnya diperlukan lebih dari satu piranti masukan agar dapat saing melengkapi, misalnya keyboard dan mouse.
·         Secara umum piranti masukan harus mudah digunakan dan bentuknya harus ergonomis dan mempunyai sistem umpan balik yang baik.

Piranti Keluaran Komputer
·         Output devices are peripheral devices that enable users to view or hear the computer’s processed data.
·         Visual output – text, graphics and video
·         Audio output – sound, misic and synthesized speech


PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak Komputer dibagi menjadi dua, yaitu:
1)    Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan
Tugas-tugas yang spesifik, misalnya untuk membut dokumen, memanipulasi foto atau membua laporan keuangan.
Penggolongan Perangkat Lunak Aplikasi,yaitu:
·         Perangka lunak hiburan (mencakup program-program permainan, program untuk memainkan musik dan program untuk memainkan film).
·         Perangkat Lunak Pendidikan (digunakan untuk memplajari atau mereferensi suatu pengetahuan, termasuk dalam kategori ini adalah program kamus, ensiklopedi,pelajaran, ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing, dan simulasi)
·         Perangkat Lunak Bisnis (digunakan untuk menangani persediaan barang, pencatatan dan pembayaran piutang dan registrasi mahasiswa)
·         Perangkat Lunak Produktivitas Kerja
2)    Perangkat Lunak Sistem   
Perangkat Lunak Sistem adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya kompter, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Kedudukan program ini umumnya sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer.

6. Jelaskan secara terperinci tentang Internet dan kaitannya dengan pembelajaran!
SEJARAH INTERNET
Tahun 1969-1972 Awalnya internet merupakan jaringan computer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET. Mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software computer yang berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

FUNGSI INTERNET
Internet berfungsi sebagai aspek komunikasi,penyedia informasi,dan fasilitas untuk promosi.Internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak di berbagai lokasi di seluruh dunia. Misalnya kita bisa kirim data atau surat dengan berbagai pihak diseluruh dunia dengan menggunakan fasilitas Electronic mail (E-mail).Selain fasilitas Electronic mail internet juga menyediakan fasilitas untuk ngobrol yang dalam internet disebut chatting.Kemampuan internet lainnya adalah Usenet ,yaitu forum yang disediakan bagi pengguna internet untuk berbagi informasi dan pemikiran mengenai suatu topk melalui bulettin elektronik.Dengan menggunakan forum ini,pengguna dapat mengirim pesan mngenai topik bersangkutan dan menerima tanggapan dari pihak lain.
Internet terhubung dengan ratusan katalog perpustakaan,sehingga penggunaannya dapat meneliti ribuan data base yang terbuka untuk umum melalui jaringan tersebut yang disediakan oleh perusahaan,pemerintah ataupun niralaba.Pengguna internet dapat mempergunakan informasi ini untuk berbagai keperluan bisnisnya,sehingga bisa mengetahui kondisi lingkungan termasuk pesaing dan perkembangan kepentingan para stakeholder.Beberapa metode atau alat untuk mengakses komputer dan mencari file yang dapat diterapkan melalui internet adalah gopher,archie,dan wide area information servers.
Dalam dunia bisnis internet digunakan sebagai alat penghubung yang praktis untuk komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan,tanpa harus memikirkan waktu dan lokasi.Sekarang ini banyak situs – situs yang melakukan penjualan barang dan jasa lewat internet,dan tentunya kita kalau ingin membeli harus memakai kartu kredit,jadi transaksi itu terjadi lewat internet.Kebanyakan orang di luar negeri seperti Amerika sering berbelanja produk atau barang lewat internet.Kalau dinegara kita masih jarang yang melakukan pembelian lewat internet yang ada penjualan,penyedia jasa dan penyedia informasi,apakah itu informasih tentang berita,informasi tentang pendidikan,atau lain- lainnya.

Pengaruh Internet
Tahukan Anda pengaruh Internet, manfaat internet serta dampak positif dan negative internet bagi para penggunanya. Sebenarnya, berbicara masalah positif dan negative, semua hal apapun pasti ada dampak positif dan negative, ada sebab – ada akibat. Namun semua itu kembali pada para penggunanya, bagaimana mereka memanfaatkannya. Bagi kalangan awam atau orang-orang tua yang hidup di pedasaan, berasumsi dunia internet identik dengan hal-hal yang berbau negative. Sehingga dengan asumsi tersebut mereka para orang tua khususnya melarang anaknya untuk mengakses internet.
Dampak Positif Internet
Internet telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negative.
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.

Dampak Negatif Internet
1). Cybercrime Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat.
• Melintasi batas Negara
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :
Hacking – Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.
Cracking – Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.
2) Parnografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan parnografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
3) Violence And Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
4). Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
5). Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
6). Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
7). Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut parnografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

Manfaat Internet dalam Pembelajaran
Manfaat Internet sekarang sudah dapat dirasakan oleh berbagai kalangan. Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendoronga majunya pendidikan masa depan. Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Ada dua peranan internet yang sangat penting, yakni: (1) sebagai sumber data dan informasi, (2) sarana pertukaran data dan informasi. Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis sumber informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Bidang apa pun yang diminati, pasti ada informasi di Internet. Ini dapat digunakan siswa untuk mencari bahan ajar dalam pembelajaran di sekolah. Bagi siswa yang kurang mampu, ini sangat memudahkannya dalam mencari bahan ajar karena siswa tidak perlu lagi untuk membeli buku.
Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain, tanpa dibatasi oleh jarak fisik ke dua komputer tersebut. Dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu sama lain, atau mempertukarkan data dan informasi. Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Misalnya, seorang siswa di Makassar dapat berkonsultasi dengan dosen di Bandung atau bahkan di Palo Alto, Amerika Serikat.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu
a. Sebagai media interpersonal dan massa;
b. Bersifat interaktif,
c. Memungkinkan komunikasi secara bebas.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer atau pelengkap.
Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan :
• Arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat,
• Kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,
• Aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,
• Daya tampung meningkat,
• Adanya standardisasi pembelajaran,
• Meningkatkan learning outcomes baik kuantitas maupun kualitas.
Manfaat Internet bagi siswa :
  1. Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan
  2. Sebagai bahan Tambahan Pelajaran Yang Tidak Mengerti Di Sekolah
  3. Melatih Siswa Agar Tahu Cara Penggunaan Komputer
  4. Sebagai Sarana Komunikasi







3 komentar: