Minggu, 19 Agustus 2012

SOAL PRETES DAN POSTES PENILAIAN BEBASIS KELAS Diklat Guru PAI SD Angkatan II


SOAL PRETES DAN POSTES
PENILAIAN BEBASIS KELAS
Diklat Guru PAI SD Angkatan II
Pilihlah Salah satu Jawaban yang Paling Tepat!
1. Penilaian kelas adalah jenis penilaian yang harus dilakukan oleh:
    1. Sekolah
    2. Pemerintah
    3. Guru
    4. Siswa
2. Manfaat Penilaian Kelas di antaranya adalah:
a.       Menguji Kemampuan Siswa
b.      Umpan balik bagi guru dan siswa
c.       Titik awal melakukan pengajaran
d.      Kepentingan guru untuk menguji siswa
3. Fungsi PBK secara umum adalah:
a.      Membuat Pertimbangan dan keputusan Administratif
b.      Alat untuk menetapkan metode dan media yang tepat
c.      Untuk mengetahui sampai di mana keberhasilan suatu sitem pembelajaran yang digunakan
d.      Motivasi, belajar tuntas, efektifitas pengajaran dan umpan balik
  1. Perbedaan realibilitas dan objektivitas pada penilaian adalah:
    1. Realibilitas menekankan ketetapan dalam hasil tes sedangkan objektivitas menekankan ketetapan pada sistem skoring
    2. Reliabilits menekankan ketetapan pada sistem skoring sedangkan objektivitas menekankan ketetapan dalam hasil tes
    3. Reliabilitas menekankan pada cara, objektivitas pada tujuan
    4. Reliabilitas menekankan pada tujuan, objektivitas pada cara
  2.  Kompetensi yang yang harus dicapai melalui seluruh mata pelajaran dalam kurikulum adalah pengertian dari:
    1. Penilaian Kompetensi dasar mata Pelajaran
    2. Penilaian Kompetensi lintas Kurikulum
    3. Penilaian Kompetensi tamatan
    4. Penilaian Kompetensi lulusan
  3. Salah satu penggunaan hasil penilaian adalah:
    1. Mengadakan Diagnosa
    2. Untuk pembanding
    3. Untuk mengetahui perlu tidaknya diberikan tambahan pelajaran
    4. Membangkitkan motivasi peserta didik
  4. Yang tidak termasuk prinsip dalam PBK adalah:
    1. Terpadu
    2. Sahih
    3. Akuntabel
    4. Tepat waktu
  5. Di bawah ini merupakan rambu-rambu penilaian kelas, kecuali:
    1. Melakukan semua jenis penilaian
    2. Multi cara dan multi alat
    3. Memandang penilaian dan proses pembelajaran secra terpadu
    4. Mempertimbangkan berbagai kebutuhan peserta didik

  1. Ketika seorang guru hendak menetapkan satu jenis penilaian kelas, acuan pertama dalam penetuan tersebut adalah:
    1. Banyaknya Jumlah materi
    2. Kemungkinan kemampuan siswa dalam menyelesaikannya
    3. Kompetensi yang harus dicapai
    4. Ketersediaan alat evaluasi
  2. Dibawah ini yang bukan merupakan keunggulan melakukan beberapa jenis penilaian kelas yang dilakukan guru adalah:
    1. Memberikan kesempatan keapada siswa untuk menunjukkan seluruh kemampuan yang dimilikinya
    2. Memberikan motivasi kepada siswa dalam proses pembelajaran berikutnya
    3. Menciptakan suasana yang inovatif dan menyenangkan
    4. Menjadikan evaluasi sebagai satu-satunya cara mengetahui kemampuan siswa.
  3. Dalam melakukan evaluasi, harus sahih,  itu berarti:
    1. Tepat
    2. Cepat
    3. Valid dan reliabel
    4. memudahkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar