Kamis, 08 Maret 2012

manfaat blogspot


MANFAAT BLOGSPOT

DEFINISI BLOGSPOT
Blogspot adalah salah satu jenis alamat yang ada dalam situs internet. Situs ini dibuat denga tujuan memberikan fasilitas kepada semua pengguna internet untu menuliskan segala sesuatu yang ada dalam fikiran mereka. Dan selanjutnya hasil pemikiran terebut dipublikasikan melalui minternet untuk dinikmati oleh semua orang yang memiliki kepentingen terhadap isi tulisan tersebut. Definisi blog secara singkat bisa dikatakan blog adalah sebuah website yang berisi catatan (diary) online. Kata blog sendiri berasal dari kata “web log” yang kemudian disingkat menjadi blog. Walaupun dikatakan diary online, blog kini telah mengalami banyak perkembangan. Blog biasanya dikelola oleh seseorang yang disebut blogger.
Blog bisa dibedakan menjadi dua yaitu : gratis dan berbayar. Untuk blog gratis yaitu dimana kita bisa membuat blog tanpa membayar apapun. Sedangkan untuk yang berbayar maksudnya adalah blog yang menggunakan domain dan hosting sendiri (menyewa dari penyedia jasa hosting). Blog ini umumnya dibuat dengan menggunakan sebuah blog engine (mesin blog) yang berupa CMS (Content Management System).
Bagi setiap pemilik blog (blogger), tentunya merasakan manfaat dari blog tersebut. Manfaat yang dirasakan belum tentu sama. Setiap blogger merasakan manfaat blog berbeda-beda mungkin karena tujuan mereka ngeblog (blogging) dan membuat blog memang berbeda. Ada yang sekedar ingin menulis saja, sampai ada yang memang ingin mencari keuntungan (uang) dari membuat blog di internet. Manfaat blog tentu ada banyak sekali, saya bisa menungkapkan opini, berbagi informasi, menambah banyak teman dan wawasan dari blog lain dan masih banyak lain manfaat lainnya. Memiliki blog bisnis dapat memiliki beberapa keuntungan untuk bisnis kecil dengan anggaran pemasaran yang ketat. Jika Anda tidak memiliki web merancang tahu-bagaimana, blog merupakan alternatif yang menawarkan setup gratis dan mudah perawatan.
Anda dapat menawarkan petunjuk membantu dan mempromosikan produk Anda sendiri, meng-upload video instruksional atau demonstrasi pada blog Anda. Anda dapat membangun basis pelanggan menggunakan blog Anda, dan menghasilkan lead dengan memberitahukan pengikut Anda bila Anda memiliki hingga konten baru. Google Blogger memungkinkan untuk Google AdWords untuk posting iklan pada produk atau jasa terkait dalam ruang blog Anda, memberikan anda pilihan penghasilan pasif melalui pemasaran afiliasi.

Manfaat Blogspot
untuk bisnis pemasaran:
1.      rendah biaya internet alat pemasaran: Membuka rekening blogging di Blogger atau Wordpress adalah gratis dan Anda memiliki perangkat lunak yang diperlukan untuk mengatur semua dalam beberapa jam. Namun, penting untuk host blog Anda sendiri bahkan jika Anda menggunakan perangkat lunak blogging gratis. Mendaftarkan nama domain Anda sendiri dan memiliki blog Anda pada ruang server Anda sendiri memberikan visibilitas yang lebih baik dalam peringkat mesin pencari.
2.      drive lalu lintas web ke situs bisnis Anda: Bila Anda memiliki sebuah blog dan berikut biasa itu adalah seperti memiliki situs web lain, tetapi dengan fungsionalitas yang lebih rendah. Blog Anda akan bergantung pada artikel SEO, gambar, atau video. Pengikut Anda dapat diarahkan ke website bisnis Anda jika Anda memiliki satu, dengan tujuan mengubah bunga atau mengarah ke penjualan.
3.      Buatlah daftar kata kunci untuk SEO ceruk pasar Anda dan basis artikel Anda dan video pada kata kunci tersebut. Hal ini akan mendorong kedua pencarian alami dan dibayar ke blog Anda. Sertakan URL blog Anda di profil sosial Anda situs jejaring mendorong teman-teman atau penggemar untuk mengikuti blog bisnis Anda. Ini akan mengarahkan lalu lintas jika Anda memiliki reputasi untuk informasi yang besar atau keahlian dalam niche yang Anda pilih.
4.      Membangun produk atau brand image: Anda bisa membangun merek Anda imageusing blog Anda. Orang membaca blog Anda mungkin tertarik untuk mengetahui apa yang Anda lakukan - tambahkan widget bisnis Anda atau tombol untuk blog Anda. Menulis deskripsi produk atau posting infomercial.
5.      Menjaga dialog pelanggan: Blog adalah interaktif, yang berarti bahwa pembaca Anda dapat berinteraksi dengan Anda melalui komentar dan pertanyaan diposting di blog (yang dapat dimoderasi). Ini adalah kesempatan Anda untuk menimbang pendapat pelanggan, saran, dan komentar.
6.      Keuntungan pelanggan baru: Beberapa pengikut dapat merekomendasikan blog Anda kepada orang lain membawa Anda prospek bisnis baru.

7.      Jaringan dengan bisnis serupa lainnya: Semua bisnis berjalan di jaringan internal dan eksternal. Menjaga dengan blog yang sama dan artikel mereka dapat memberikan Anda kesempatan untuk mengomentari artikel mereka sambil menambahkan nilai kepada mereka menyajikan pengetahuan Anda pada subjek. Seorang pembaca yang tertarik di blog mereka bisa mengklik-melalui dengan Anda untuk membaca lebih lanjut! Jenis klik-through bebas dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke blog Anda.
8.      public relations stopkontak Besar: Dalam kasus ini, bisnis Anda berjalan ke beberapa pers buruk blog Anda bisa menjadi kesempatan Anda untuk menunjukkan bersih. Anda dapat membuat berdiri Anda jelas atau tantangan opini publik. Sebagai pembaca reguler menyadari siapa Anda dan tahu Anda dari interaksi online biasa, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menggalang dukungan melalui cara virus.

Manfaat Blog bagi perusahaan 
1.   Komunikasi dengan Pelanggan
Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya. Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan.
Salah satu contoh perusahaan yang sukses menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan pelanggan adalah Google. Melalui blog resminya, http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk baru, penambahan fitur produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan lebih dari 250 ribu orang terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui Feedburner), komunikasi antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.

2.      Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
Bagi perusahaan (dan juga personal), blog dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.
Sebagai contoh kecil berdasarkan pengalaman saya. Saya cukup banyak membuat artikel dan tutorial mengenai pemrograman web dengan PHP dan MySQL di blog saya, http://achmatim.net. Bahkan saya membagikannya secara gratis dalam bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya mendapatkan tawaran project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan membuat posting tentang suatu topik di blog, pengunjung akan percaya bahwa penulisnya tentu memiliki keahlian di topik tersebut.

3.   Menarik Perhatian Pelanggan
Perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak produser film yang memanfaatkan situs atau blog untuk membangun opini publik sebelum film dirilis. Dengan adanya tulisan berkenaan dengan film yang akan dirilis, membuat orang akan merasa penasaran, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menonton film saat dirilis.

4.      Meningkatkan Penjualan
Buzz Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan yang membuat dan menjual suatu software yang memungkinkan kita untuk membuat shortcut ke berbagai file, folder atau aplikasi di komputer kita. Target penggunanya adalah orang yang ingin bekerja secara cepat dan efisien. Buzz mengatakan bahwa lebih dari 50 persen pengunjung yang mendownload softwarenya, berasal dari blog seseorang yang mereview software ActiveWords.  Bahkan sebuah review di USA Today dapat menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari.

5.      Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasus yang dialami oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini mengalami kerugian hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah satu produknya ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan menggunakan pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal, http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen pengguna kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya perusahaan harus mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen dan menarik semua produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan berlanjut hingga mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika perusahaan cepat-cepat menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan dengan segera melakukan perbaikan.

6.   Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi internal
Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.


Manfaat Web Blog Bagi Sekolah

Banyak sekali fungsi dan manfaatnya. Blog awalnya dipergunakan untuk mencatat peristiwa dan sejarah hidup seseorang yang dipublikasikan di internet dengan tujuan untuk berbagi pengalaman kepada pembaca. Dalam perkembangannya fungsi blog menjadi lebih luas lagi, tidak hanya untuk mencatat diary seseorang melainkan untuk media promosi.
Blog digunakan sebagai media promosi produk, artinya melalui blog informasi produk dapat ditulis secara lengkap dengan tujuan agar pembaca lebih mengenal produk yang sedang dicarinya melalui internet. Tentu hal ini sangat efektif untuk memasarkan produknya dan memperluas jaringan bisnisnya. Saat ini hampir semua pelaku usaha memiliki blog, entah itu blog gratisan sampai yang berbayar. Membuat blog tidaklah sulit, sangat mudah dan cepat, tidak perlu keterampilan khusus asal bisa mengetik dan mengetahui bahasa inggris walau hanya sedikit maka seseorang dapat mempunyai blog sendiri. Apalagi sekarang engine blog sudah dilengkapi dengan tools yang sangat mudah dipahami oleh pemula sekalipun.
Sekolah jika dilengkapi dengan media blog akan terasa manfaatnya terutama untuk menyebarkan informasi tentang sekolah. Kemajuan sekolah, fasilitas yang dimiliki sekolah, biografi guru dan lain sebagainya akan dengan cepat tersebar informasinya melalui blog. Masyarakat kini sudah semakin maju, mereka sudah bisa memilih cara mana yang cepat dan murah tanpa membuang waktu dan biaya banyak untuk mendapatkan informasi sekolah.
Dengan diterbitkannya informasi sekolah kepada masyarakat melalui blog, masyarakat mempunyai gambaran yang jelas tentang sekolah tersebut. Dan apabila dirasa cocok dengan apa yang mereka inginkan tentu akan menambah keyakinan dan memutuskan untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut.
Bila sekolah anda belum memiliki blog, sebelum membuat alangkah baiknya pelajari dulu kelemahan dan kelebihan suatu platform blog. Di internet ada banyak mesin blog, tetapi yang terkenal hanya ada dua, yaitu Blogger dan Wordpress. Kalau saya pribadi lebih memilih blogger, alasannya blogger mempunyai hosting unlimited. Artinya blog yang berada dalam platform blogger mempunyai daya simpan yang tidak terbatas. Sehingga berapa pun banyaknya file dokumen, gambar, foto, video semua dapat ditampung dalam blog tanpa adanya batasan.
Sedangkan Wordpress tidak memiliki semua itu, daya tampung file di wordpress sangat terbatas, sehingga blog yang menggunakan platform wordpress mutlak harus memiliki hosting (tempat menyimpan file di internet). Dan untuk memiliki hosting sendiri, anda harus menyewa dengan harga yang lumayan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar