MANFAAT BLOGSPOT
DEFINISI BLOGSPOT
Blogspot adalah salah
satu jenis alamat yang ada dalam situs internet. Situs ini dibuat denga tujuan
memberikan fasilitas kepada semua pengguna internet untu menuliskan segala
sesuatu yang ada dalam fikiran mereka. Dan selanjutnya hasil pemikiran terebut
dipublikasikan melalui minternet untuk dinikmati oleh semua orang yang memiliki
kepentingen terhadap isi tulisan tersebut. Definisi blog secara singkat bisa dikatakan blog adalah
sebuah website yang berisi catatan (diary) online. Kata blog sendiri berasal
dari kata “web log” yang kemudian disingkat menjadi blog. Walaupun
dikatakan diary online, blog kini telah mengalami banyak perkembangan. Blog
biasanya dikelola oleh seseorang yang disebut blogger.
Blog bisa dibedakan menjadi
dua yaitu : gratis dan berbayar. Untuk blog gratis yaitu dimana kita bisa
membuat blog tanpa membayar apapun. Sedangkan untuk yang berbayar maksudnya adalah blog yang
menggunakan domain dan hosting sendiri (menyewa dari penyedia jasa hosting).
Blog ini umumnya dibuat dengan menggunakan sebuah blog engine (mesin blog) yang
berupa CMS (Content Management System).
Bagi setiap pemilik blog (blogger), tentunya merasakan
manfaat dari blog tersebut. Manfaat yang dirasakan belum tentu sama. Setiap
blogger merasakan manfaat blog berbeda-beda mungkin karena tujuan mereka
ngeblog (blogging) dan membuat blog memang berbeda. Ada yang sekedar ingin
menulis saja, sampai ada yang memang ingin mencari keuntungan (uang) dari
membuat blog di internet. Manfaat blog tentu ada banyak sekali, saya bisa
menungkapkan opini, berbagi informasi, menambah banyak teman dan wawasan dari
blog lain dan masih banyak lain manfaat lainnya. Memiliki blog bisnis dapat
memiliki beberapa keuntungan untuk bisnis kecil dengan anggaran pemasaran yang
ketat. Jika Anda tidak memiliki web merancang tahu-bagaimana, blog merupakan
alternatif yang menawarkan setup gratis dan mudah perawatan.
Anda dapat menawarkan petunjuk membantu dan mempromosikan
produk Anda sendiri, meng-upload video instruksional atau demonstrasi pada blog
Anda. Anda dapat membangun basis pelanggan menggunakan blog Anda, dan
menghasilkan lead dengan memberitahukan pengikut Anda bila Anda memiliki hingga
konten baru. Google Blogger memungkinkan untuk Google AdWords untuk posting
iklan pada produk atau jasa terkait dalam ruang blog Anda, memberikan anda
pilihan penghasilan pasif melalui pemasaran afiliasi.
Manfaat Blogspot untuk bisnis pemasaran:
Manfaat Blogspot untuk bisnis pemasaran:
1.
rendah
biaya internet alat pemasaran: Membuka rekening blogging di Blogger atau
Wordpress adalah gratis dan Anda memiliki perangkat lunak yang diperlukan untuk
mengatur semua dalam beberapa jam. Namun, penting untuk host blog Anda sendiri
bahkan jika Anda menggunakan perangkat lunak blogging gratis. Mendaftarkan nama
domain Anda sendiri dan memiliki blog Anda pada ruang server Anda sendiri
memberikan visibilitas yang lebih baik dalam peringkat mesin pencari.
2.
drive
lalu lintas web ke situs bisnis Anda: Bila Anda memiliki sebuah blog dan
berikut biasa itu adalah seperti memiliki situs web lain, tetapi dengan
fungsionalitas yang lebih rendah. Blog Anda akan bergantung pada artikel SEO,
gambar, atau video. Pengikut Anda dapat diarahkan ke website bisnis Anda jika
Anda memiliki satu, dengan tujuan mengubah bunga atau mengarah ke penjualan.
3.
Buatlah
daftar kata kunci untuk SEO ceruk pasar Anda dan basis artikel Anda dan video
pada kata kunci tersebut. Hal ini akan mendorong kedua pencarian alami dan
dibayar ke blog Anda. Sertakan URL blog Anda di profil sosial Anda situs
jejaring mendorong teman-teman atau penggemar untuk mengikuti blog bisnis Anda.
Ini akan mengarahkan lalu lintas jika Anda memiliki reputasi untuk informasi
yang besar atau keahlian dalam niche yang Anda pilih.
4.
Membangun
produk atau brand image: Anda bisa membangun merek Anda imageusing blog Anda.
Orang membaca blog Anda mungkin tertarik untuk mengetahui apa yang Anda lakukan
- tambahkan widget bisnis Anda atau tombol untuk blog Anda. Menulis deskripsi
produk atau posting infomercial.
5.
Menjaga
dialog pelanggan: Blog adalah interaktif, yang berarti bahwa pembaca Anda dapat
berinteraksi dengan Anda melalui komentar dan pertanyaan diposting di blog
(yang dapat dimoderasi). Ini adalah kesempatan Anda untuk menimbang pendapat
pelanggan, saran, dan komentar.
6.
Keuntungan
pelanggan baru: Beberapa pengikut dapat merekomendasikan blog Anda kepada orang
lain membawa Anda prospek bisnis baru.
7.
Jaringan
dengan bisnis serupa lainnya: Semua bisnis berjalan di jaringan internal dan
eksternal. Menjaga dengan blog yang sama dan artikel mereka dapat memberikan
Anda kesempatan untuk mengomentari artikel mereka sambil menambahkan nilai
kepada mereka menyajikan pengetahuan Anda pada subjek. Seorang pembaca yang
tertarik di blog mereka bisa mengklik-melalui dengan Anda untuk membaca lebih
lanjut! Jenis klik-through bebas dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke
blog Anda.
8.
public
relations stopkontak Besar: Dalam kasus ini, bisnis Anda berjalan ke beberapa
pers buruk blog Anda bisa menjadi kesempatan Anda untuk menunjukkan bersih.
Anda dapat membuat berdiri Anda jelas atau tantangan opini publik. Sebagai
pembaca reguler menyadari siapa Anda dan tahu Anda dari interaksi online biasa,
Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menggalang dukungan melalui cara
virus.
1.
Komunikasi
dengan Pelanggan
Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita,
acara, artikel maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah
mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya.
Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap
perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan.
Salah satu contoh perusahaan yang sukses menggunakan blog
untuk sarana komunikasi dengan pelanggan adalah Google. Melalui blog resminya,
http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan berita dan perkembangan
terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk baru, penambahan fitur
produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan lebih dari 250 ribu orang
terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui Feedburner), komunikasi antara
perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.
2.
Memperlihatkan
Kemampuan Perusahaan
Bagi perusahaan (dan juga personal), blog dapat menjadi
media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel,
jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang
ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa
perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya
tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.
Sebagai contoh kecil berdasarkan pengalaman saya. Saya cukup
banyak membuat artikel dan tutorial mengenai pemrograman web dengan PHP dan
MySQL di blog saya, http://achmatim.net. Bahkan saya membagikannya secara
gratis dalam bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya
mendapatkan tawaran project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan
membuat posting tentang suatu topik di blog, pengunjung akan percaya bahwa
penulisnya tentu memiliki keahlian di topik tersebut.
3.
Menarik
Perhatian Pelanggan
Perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian
pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat
serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk
ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak produser film yang memanfaatkan situs
atau blog untuk membangun opini publik sebelum film dirilis. Dengan adanya
tulisan berkenaan dengan film yang akan dirilis, membuat orang akan merasa
penasaran, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menonton film saat
dirilis.
4.
Meningkatkan
Penjualan
Buzz Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan
ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan yang membuat dan menjual suatu
software yang memungkinkan kita untuk membuat shortcut ke berbagai file, folder
atau aplikasi di komputer kita. Target penggunanya adalah orang yang ingin
bekerja secara cepat dan efisien. Buzz mengatakan bahwa lebih dari 50 persen
pengunjung yang mendownload softwarenya, berasal dari blog seseorang yang
mereview software ActiveWords. Bahkan sebuah review di USA Today dapat
menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari.
5.
Memperbaiki
Kesalahan Perusahaan
Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca
mengenai kasus yang dialami oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu
Kryptonite. Perusahaan ini mengalami kerugian hingga jutaan dollar karena
terlambat menyadari bahwa salah satu produknya ternyata cacat. Salah satu
konsumen menemukan bahwa hanya dengan menggunakan pensil, kunci dapat dibuka
dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya di blog pribadinya.
Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal,
http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen pengguna
kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya perusahaan harus
mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen dan menarik semua
produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan berlanjut hingga
mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika perusahaan cepat-cepat
menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan dengan segera melakukan
perbaikan.
6.
Sebagai
media kolaborasi, project management dan komunikasi internal
Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan
sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan
didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan,
komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi
yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja
lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas
karyawan.
Manfaat Web Blog Bagi Sekolah
Banyak sekali fungsi
dan manfaatnya. Blog awalnya dipergunakan untuk mencatat peristiwa dan sejarah
hidup seseorang yang dipublikasikan di internet dengan tujuan untuk berbagi
pengalaman kepada pembaca. Dalam perkembangannya fungsi blog menjadi lebih luas
lagi, tidak hanya untuk mencatat diary seseorang melainkan untuk media promosi.
Blog digunakan sebagai
media promosi produk, artinya melalui blog informasi produk dapat ditulis
secara lengkap dengan tujuan agar pembaca lebih mengenal produk yang sedang
dicarinya melalui internet. Tentu hal ini sangat efektif untuk memasarkan
produknya dan memperluas jaringan bisnisnya. Saat ini hampir semua pelaku usaha
memiliki blog, entah itu blog gratisan sampai yang berbayar. Membuat blog
tidaklah sulit, sangat mudah dan cepat, tidak perlu keterampilan khusus asal
bisa mengetik dan mengetahui bahasa inggris walau hanya sedikit maka seseorang
dapat mempunyai blog sendiri. Apalagi sekarang engine blog sudah dilengkapi
dengan tools yang sangat mudah dipahami oleh pemula sekalipun.
Sekolah jika dilengkapi
dengan media blog akan terasa manfaatnya terutama untuk menyebarkan informasi
tentang sekolah. Kemajuan sekolah, fasilitas yang dimiliki sekolah, biografi
guru dan lain sebagainya akan dengan cepat tersebar informasinya melalui blog.
Masyarakat kini sudah semakin maju, mereka sudah bisa memilih cara mana yang
cepat dan murah tanpa membuang waktu dan biaya banyak untuk mendapatkan
informasi sekolah.
Dengan diterbitkannya
informasi sekolah kepada masyarakat melalui blog, masyarakat mempunyai gambaran
yang jelas tentang sekolah tersebut. Dan apabila dirasa cocok dengan apa yang
mereka inginkan tentu akan menambah keyakinan dan memutuskan untuk mendaftarkan
anaknya ke sekolah tersebut.
Bila sekolah anda belum
memiliki blog, sebelum membuat alangkah baiknya pelajari dulu kelemahan dan
kelebihan suatu platform blog. Di internet ada banyak mesin blog, tetapi yang
terkenal hanya ada dua, yaitu Blogger dan Wordpress. Kalau saya pribadi lebih
memilih blogger, alasannya blogger mempunyai hosting unlimited. Artinya blog
yang berada dalam platform blogger mempunyai daya simpan yang tidak terbatas.
Sehingga berapa pun banyaknya file dokumen, gambar, foto, video semua dapat
ditampung dalam blog tanpa adanya batasan.
Sedangkan Wordpress
tidak memiliki semua itu, daya tampung file di wordpress sangat terbatas,
sehingga blog yang menggunakan platform wordpress mutlak harus memiliki hosting
(tempat menyimpan file di internet). Dan untuk memiliki hosting sendiri, anda
harus menyewa dengan harga yang lumayan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar